9 BOYBAND TERKENAL DI DUNIA

1.WestLife


Westlife adalah sebuah grup musik dari Irlandia yang beranggotakan Shane Filan,Kian Egan, Nicky Byrne, dan Mark Feehily. Satu anggota lainnya, Bryan McFadden, keluar pada 9 Maret 2004 agar dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk kehidupan keluarganya dengan mantan anggota Atomic Kitten, Kerry Katona, meski mereka kemudian berpisah dan dia mengganti ejaan nama depannya menjadi ‘Brian’.

Band ini terbukti sukses di Irlandia dan Britania Raya, dengan keberhasilannya mencetak 13 single nomor satu antara tahun 1999 dan 2005, antara lain:

  • “Swear It Again” (1999)
  • “If I Let You Go” (1999)
  • “Flying Without Wings”, dengan BoA (dimuat di lagu tema film Pokémon 2000) (1999)
  • “I Have A Dream”/”Seasons In The Sun” (cover dari ABBA dan Terry Jacks) (1999)
  • “Fool Again” (2000)
  • “Against All Odds (Take A Look At Me Now)” (duet dengan Mariah Carey) (coverdari Phil Collins) (2000)
  • “My Love” (2000)
  • “Uptown Girl” (cover dari Billy Joel) (2001)
  • “Queen Of My Heart” (2001)
  • “World of Our Own” (2002)
  • “Unbreakable” (2002)
  • “Mandy” (cover dari Barry Manilow) (2003)
  • “You Raise Me Up” (2005)

Tidak semua single yang mereka buat mencapai peringkat pertama di tangga lagu Britania Raya:

  • “What Makes a Man” (2000) #2
  • “Bop Bop Baby” (2002) #5
  • “Tonight/Miss You Nights” (2003) #3
  • “Hey Whatever” (2003) #4
  • “Obvious” (2004) #3

Westlife juga empat kali berturut-turut memenangkan penghargaan “Record of the Year” ITV dengan single mereka “Flying Without Wings”, “My Love”, “Mandy”, dan “You Raise Me Up”.

Seperti boyband lainnya, album-album mereka ditujukan kepada para remaja perempuan, walaupun ada juga fans mereka yang pria (kurang lebih sebesar 20% fan dari Westlife adalah pria). Beberapa kali Westlife pernah tampil di beberapa tempat komunitas gay. Pada tanggal 19 Agustus 2005 salah satu anggota band mereka, Mark Feehily, menyatakan dirinya seorang gay kepada publik serta keberadaannya menjalin hubungan dengan seorang mantan anggota grup musik V bernama Kevin McDaid.

2.Back Street Boys


Backstreet Boys atau disingkat BSB adalah salah satu kelompok musik paling laris di dunia. Mereka beranggotakan Nick Carter, Howie Dorough, Brian Littrell, dan A.J. McLean. Salah satu personilnya, Kevin Richardson keluar pada tahun 2006 untuk meluangkan waktu lebih banyak dengan keluarganya. Namun hubungannya dengan para personil lain masih terjaga dengan baik

Backstreet Boys memutuskan untuk berkonsentrasi pada keberhasilannya di Amerika pada tahun 1997.Album pertama akhirnya dirilis di Amerika Serikat pada bulan Agustus dengan single baru “Everybody (Backstreet’s Back)” tambahnya. Single baru hit besar di seluruh dunia.

Backstreet Boys menghabiskan sebagian besar tahun 1998 dengan tur dan penyelesaikan dengan manajer mereka. Akhirnya, pada Mei 1999, Millenium merilis album berikutnya yang membuat rekor baru untuk salinan yang paling banyak terjual dalam satu minggu – 1,1 juta.  “Larger Than Life” adalah radio hits besar dari album ini.

Album berikutnya, Black and Blue, dirilis pada musim gugur 2000, terjual 1,6 juta kopi di minggu pertama tetapi gagal untuk memecahkan rekor minggu pertama baru yang ditetapkan oleh boy band sesama * NSYNC. Backstreet Boys menggelar tur dunia untuk tahun 2001, tetapi ditunda karena anggota AJ McLean berjuang melawan alkohol dan masalah depresi. Serangan teroris di Amerika Serikat pada September 2001 menyebabkan kelompok ini untuk membatalkan rencana tur di luar negeri. Rilis hits terbesar pada bulan Oktober disebabkan spekulasi luas tentang masa depan kelompok.

Pada tahun-tahun berikut rilis Black and Blue kelompok mundur dari sorotan untuk bekerja pada masalah-masalah individu dan proyek. Banyak di dunia musik pop terkejut ketika Backstreet Boys mengumumkan pada awal tahun 2005 bahwa musik baru itu akhirnya dalam perjalanan. Single pertama “Incomplete” yang dihasilkan begitu kuat di radio dan album baru Never Gone dirilis pada bulan Juni. disk ini meraih platinum, tetapi terbukti menjadi jauh lebih berhasil daripada rilis band pada masa lalu.

3.Boy Zone


Boyzone adalah boy band dari Irlandia yang beranggotakan Keith Duffy, Mikey Graham, Ronan Keating, Shane Lynch, dan Stephen Gately. Dibentuk pada tahun 1993, mereka menggapai sukses paling besar di Irlandia, Britania Raya dan Asia dengan keberhasilannya mencetak 6single nomor satu antara tahun 1996 dan 1999 di Britania Raya.

Setelah vakum selama tujuh tahun, akhirnya band ini memutuskan untuk kembali dan merilis album baru pada tahun 2008.

4.SHINee


Shinee (umumnya ditulis sebagai SHINee) adalah boy band Korea Selatan yang beraliran R&B kontemporer.Dibentuk SM Entertainment pada tahun 2008, anggota Shinee terdiri dari Onew, Jonghyun, Key, Minho, dan Taemin. Penampilan pertama mereka pada 25 Mei 2008 dalam acara Popular Songs di SBS. Mereka membawakan singel promosi, “Nunan Neomu Yeppeo (Replay)” (“누난 너무 예뻐 (Replay)”).

Shinee memiliki acara realitas sendiri yang diproduksi berdasarkan tema lagu “Nunan Neomu Yeppeo (Replay)”. Mereka juga populer di kalangan generasi muda dengan gaya berbusana mereka. Kostum yang dikenakan Shinee dirancang desainer Ha Sang Baek (하상백). Sepatu kets hingga mata kaki, jins ketat, dan baju hangat berwarna-warni.Kalangan pelajar meniru gaya berpakaian Shinee yang disebut media massa sebagai “tren Shinee”.Shinee sering dipakai untuk mengiklankan berbagai produk, termasuk produk busana Smart,kosmetik Nana’s B,dan Reebok.

Shinee pernah menjadi bintang dalam acara realitas, Shinee’s YunHaNam di televisi kabel MNet. Acara ini hanya berlangsung 12 episode dari 8 Agustus 2008 hingga 16 Oktober 2008. Dalam setiap episode, anggota Shinee ditugaskan untuk berkencan dengan wanita yang usianya berada di atas usia anggota Shinee, sebelum akhirnya wanita tersebut memilih sendiri anggota yang benar-benar akan diajak kencan berdua.Shinee juga merekam lagu “Stand By Me” untuk serial drama Boys Over Flowers yang diadaptasi dari manga Boys Over Flowers oleh Yoko Kamio.Selain menjadi model iklan Smart, Shinee juga merekam lagu “Blue Pink Song” untuk promosi produk mereka.Mereka juga merekam singel digital “Bodyguard” (보디가드) untuk promosi telepon genggam Samsung Anycall.Pada tahun 2009, mereka juga menjadi bintang dalam acara Hello Baby yang ditayangkan oleh KBS.

5.U-Kiss

U-KISS ( Korea : 유키스) memulai debutnya yang beranggotakan 6 orang berasal dari Korea Selatan. Boy band yang dibentuk oleh NH Media pada tahun 2008 ini memiliki angota antara lain Alexander Lee Eusebio, Shin Soohyun, Kim Kibum, Elison Kim (juga dikenal sebagai Eli), Kevin Woo , dan Shin Dong Ho. U-KISS merupakan singkatan dari Ubiquitous Korea Internasional (Idol) Super Star. Mereka memulai debutnya di Jepang pada tanggal 15 Agustus 2008 dan di Korea Selatan pada tanggal 28 Agustus 2008.Kemudian pada akhir tahun 2009, enam-anggota U-KISS itu berubah menjadi tujuh anggota U-KISS dengan penambahan Lee Kiseop.

Kelompok ini telah merilis satu album full-length, empat album mini dan berbagai single yang baru-baru ini dirilis pada tanggal 3 Februari 2010.

Para anggota kelompok memiliki berbagai kegiatan ada yang menjadi penyanyi solo, acting (drama), film, komedi,musikal dan hosting hal ini menunjukan perbedaan tidak dapat memisahkan mereka

Super Junior (Korea: 슈퍼주니어), atau lebih dikenal dengan SJ atau SuJu (Korea: 슈주), merupakan sebuah grup musik R&B yang berasal dari Seoul, Korea Selatan. Anggotanya berjumlah 14 orang yaitu <br/ Najmi Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum, dan Kyuhyun. Album perdananya ialah SuperJunior05 (TWINS), dirilis pada tahun 2005.

6. Super Junior

Pertama muncul kariernya adalah Sejak akhir 1990-an, agen bakat Korea dan label rekaman SM Entertainment telah mengadakan audisi tahunan untuk menemukan bakat-bakat baru yang melengkapi keberhasilan kelompok pop H.O.T, S.E.S, dan Shinhwa, yang semuanya diciptakan oleh pendiri SM, Soo-Man Lee, di pertengahan 1990-an. Leeteuk dan Eunhyuk adalah dua anggota pertama kelompok untuk direkrut pada tahun 2000 di bawah SM’s Starlight Casting System di Seoul.

Pada tahun 2001, perusahaan pertama mereka di luar negeri mengadakan casting audisi dan menemukan Han Geng di Beijing, terpilih di antara tiga ribu pelamar.Pada tahun yang sama, Yesung ditemukan pada Seoul’s casting system bersama temanya, Shindong, Sungmindan Donghae juga dipilih untuk menjadi trainee setelah penampilan mereka dalam sebuah kontes yang disponsori SM. Pada tahun 2002, Kang-In dan Kim Heechul direkrut bersama dengan Kibum, yang ditemukan di Los Angeles. Siwon di-casting pada tahun 2003 danRyeowook pada tahun 2004, di mana yang terakhir ini ditemukan melalui Chinchin Youth Festival.Pada tahun 2005, Kyuhyun dipilih.

Tidak lama setelah boy band TVXQ debut pada tahun 2003, berita tentang rencana Lee yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu membentuk boy band lain dengan cepat menyebar di Internet. Pada awal 2005, Lee mengkonfirmasi berita dan mengumumkan bahwa boy bandyang terdiri dari dua belas anggota akan melakukan debut di dekat akhir tahun, mempromosikan kelompok bernyanyi ini untuk menjadi “The Gateway of Stardom Asia.”Lee mengumumkan bahwa bahwa sebagian besar anggota dalam kelompok ini dipilih karena mereka telah berpengalaman tampil sebagai aktor, MC, model, dan host radio sebelum debut. Heechul dan Kibum telah berprofesi sebagai penghibur, dan sebagian besar anggota lain sudah membuat berbagai macam penampilan di televisi dan media yang sangat terinspirasi oleh konsep rotasi gadis Jepang grup Morning Musume, kelompok ini juga akan mengalami perubahan line-up, dengan anggota-anggota baru menggantikan beberapa anggota lama yang dipilih setiap tahun untuk menjaga grup ini tetap muda dan memiliki berbagai talenta. Konsep ini kemudian baru diperkenalkan ke pasar K-pop.

Untuk sementara kelompok itu dikabarkan akan bernama O.V.E.R, singkatan dari “Obey the Voice for Each Rhythm” (Patuhilah Suara untuk Tiap Irama).Namun, sebelum nama ini diputuskan, SM hanya menyebut mereka sebagai Junior, yang berasal dari para anggota yang masih berusia muda ketika pertama kali menjadi SM trainee.Setelah para anggota memamerkan bakat mereka yang berbeda kepada perusahaan pada sebuah piknik. Kemudian perusahaan memutuskan meresmikan grup ini bernama Super Junior, generasi pertama dari Super Junior.

Super Junior 05 membuat pra-debut mereka di saluran Korea M-net pada 11 September 2005. Pada acara itu, mereka melakukan berbagai gaya tarian hip hop. Mereka menampilkan tarian B2K. Han Geng, Eunhyuk, dan Donghae juga melakukan tarian dari lagu Usher, Caught Up. Namun penampilan mereka tidak disiarkan di televisi, hingga akhirnya pada 16 Mei 2006 disiarkan pada sebuah segmen di acara Super Junior Show.

7.New Kids On The Block

New Kids on the Block adalah kelompok musik terkenal pada akhir 1980-an dan awal 1990-an. Mereka dibentuk di Boston, Amerika Serikat pada 1984.

Anggota-anggotanya adalah Donnie Wahlberg, Jordan Knight, saudaranya Jonathan Knight,Danny Wood dan Joe McIntyre. Album pertama merek pada tahun 1986 tidak begitu terjual laris.

Namun ketika mereka menjadi band pembuka untuk Tiffany pada 1988, ketenaran mulai datang. Album kedua mereka, Hangin’ Tough (1988) terjual 8 juta kopi di seluruh dunia dan menghasilkan lima lagu sepuluh besar.

Setelah merilis album berikutnya di tahun 1990, Step By Step, mereka berpisah dari manajer dan produser mereka Maurice Starr dan tidak lama kemudian membubarkan diri.

Donnie Wahlberg sekarang ini dikenal sebagai aktor, Jordan Knight dan Joe McIntyre masing-masing merilis album solo.

8.Big Bang


Big Bang adalah boy band dari Korea Selatan. Kelompok ini terdiri 5 personel, masing-masing mempunyai bagian suara berbeda atau rapping. Mereka dianggap sebagai anggota wajah yang baru dari “Keluarga YG” di bawah asuhan YG Entertainment.Setelah meluncurkan karier mereka pada tahun 2006, Big Bang berhasil populer dan sukses pada tahun 2007 dengan singel”Lies” (거짓말).Kesuksesan ini menempatkan Big Bang sebagai boy band ternama Korea Selatan, dan bersaing dengan grup penyanyi wanita Wonder Girls. Selain dikenal berkat lagu-lagu hit mereka, anggotanya juga dijadikan panutan dalam gaya berbusana.

Setelah sukses di dalam negeri, Big Bang mempersiapkan peluncuran karier mereka di Jepang. Album bahasa Jepang pertama dari Big Bang, For the World dirilis tahun 2008. Album tersebut berisi lagu-lagu berbahasa Korea, dan hanya satu lagu berbahasa Jepang, “How Gee” (remix versi baru dari “How Gee” yang pernah dibawakan grup Jepang Black Machine). Album perdana mereka di Jepang sampai di peringkat 14 tangga lagu Oricon, dan terhenti di urutan ke-10 akibat kurang promosi.Pada 28-29 Maret 2008, Big Bang mengadakan konser di JCB Hall, Tokyo Dome City. Selain itu, mereka juga merilis album mini di Jepang pada akhir Mei dengan judul With U.

Setelah usaha mereka di Jepang berakhir, Big Bang kembali ke Korea pada pertengahan 2008. Sesudah tertunda beberapa kali akibat kegiatan solo personel Big Bang, mereka merilis album mini ke-3, Stand Up. Dalam album mini tersebut, Big Bang berkolaborasi dengan grup Daishi Dance. Bersama grup rock Korea No Brain, mereka menghasilkan lagu berirama punk rock, “Oh My Friend”. Dari album mini tersebut dikeluarkan singel Day By Day (하루하루). Seperti album-album sebelumnya, G-Dragon sangat terlibat dalam proses produksi Stand Up. Semua lagu di dalam album tersebut merupakan ciptaan G-Dragon, kecuali “A Good Man” yang diciptakan T.O.P.. Album mini Stand Uplaris melampaui 100.000 kopi, sementara singel “Day By Day” menempati urutan teratas tangga-tangga lagu Korea Selatan selama 6 minggu berturut-turut.

Pada saat yang hampir bersamaan, Big Bang merilis lagu berbahasa Jepang, “Number 1″ dari album berjudul sama, Number 1, dan memperkenalkan lagu mereka di berbagai acara radio dan televisi di Jepang. Menjelang penutupan tahun 2008, Big Bang merilis album Korea, Remember yang menghasilkan singel 붉은노을 (“Sunset Glow”).

9.Sm*sh


SM*SH merupakan sebuah grup musik asal Indonesia yang dibentuk pada April tahun 2010. Grup musik ini beranggotakan 7 orang yaitu Morgan Oey, Rangga Dewamoela, Rafael Landry Tanubrata, Dicky Muhammad Prasetya, M. Reza Anugrah, Muhammad Ilham Fauzi, danBisma Karisma.Genre musik ini adalah pop. Nama SM*SH merupakan singkatan dari Seven Men As Seven Heroes.

Awal terjun ke dunia hiburan, SM*SH mengikuti ajang kompetisi dance yang diadakan oleh Cinta Laura untuk singelnya. Kemudian di bulan Oktober 2010, album pertama SM*SH dirilis. Album tersebut berjudul Sm*sh dan lagu utamanya adalah I Heart You.

Selain itu, band ini juga menjadi pemeran utama dalam serial televisi berjudul Cinta Cenat Cenut yang ditayangkan di Trans TV.

Berikut anggota smash adalah:

Rafael

Nama asli: Rafael Landry Tanubrata

Tanggal lahir: 16 November 1986 (umur 24)

Rangga

Nama asli: Rangga Dewamoela Soekarta

Tanggal lahir: 6 Januari 1988 (umur 23)

Morgan

Nama asli: Handi Morgan Winata

Tanggal lahir: 25 Mei 1990 (umur 20)

Bisma

Nama asli: Bisma Karisma

Tanggal lahir: 27 November 1990 (umur 20)

Dicky

Nama asli: Dicky Muhammad Prasetya

Tanggal lahir: 18 Juni 1993 (umur 17)

Reza

Nama asli: M. Reza Anugrah

Tanggal lahir: 21 Maret 1994 (umur 16)

Ilham

Nama asli: M. Ilham Fauzi

Tanggal lahir: 29 Juli 1995 (umur 15)

Sumber: id.wikipedia.com,www.google.co.id,www.youtube.com



1 Tanggapan so far »

  1. 1

    planetputri berkata,

    itu nomor 9 bukan nomor 1
    kalo nomor 1 kan westlife


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: